Kamis, 23 Februari 2012

Tentang KKN UMK 2011/2012

KKN merupakan kegiatan intrakulikuler dalam bentuk kegiatan terpadu antara pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner dan lintas sektoral yang ditujukan untuk pengembangan kepekaan rasa dan kognisi sosial mahasiswa serta membantu proses pembangunan pedesaan.
KKN mempunyai tujuan ganda yaitu memberikan pendidikan pelengkap kepada mahasiswa dan membantu masyarakat meningkatkan pembangunan di lokasinya masing-masing. Adapun sasaran KKN adalah mahasiswa, masyarakat dan pemerintah.
Pelaksanaan KKN UMK tahun 2011/2012 yang dibagi di dua lokasi yakni Kabupaten Kudus (kecamatan Gebog, Dawe dan Jekulo) dan Kabupaten Pati (Kecamatan Kayen) dengan tema Tematik POSDAYA. Adapun jumlah peserta KKN adalah 895 mahasiswa dan dibimbing oleh DPL yang terdiri dari 29 dosen.
Posdaya adalah suatu forum silaturahmi, komunikasi, edukasi & advokasi serta wadah kegiatan penguatan fungsi-fungsi keluarga secara terpadu dan berkelanjutan agar keluarga tumbuh dinamis di dalam lingkungannya.
Posdaya mempunyai tiga tujuan yakni menghidupkan modal sosial masyarakat untuk menyelesaikan permasalahannya, terpeliharanya infrastruktur sosial masyarakat yang paling kecil yaitu keluarga sebagai perekat kehidupan yang damai, rukun dan dinamis dan ternentuknya lembaga sosial dengan keanggotaan dan partisipasi masyarakat dalam proses pembaharuan dan pembangunan keluarga dan masyarakat. Adapun sasaran posdaya adalah keluarga yakni bapak, ibu, anak dan anggota keluarga lainnya agar terbentuk pengurus yang akan mengelola posdaya baik tingkat RW, DUKUH atau DESA.
Adapun tim KKN yang bertempat di lokasi Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus mempunyai fokus kegiatan di empat bidang yakni bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar